Teknik Pembibitan Lada atau merica perdu

By | 19 November 2016

u3Paktani.info – Petani merupakan pahlawan yang secara tidak langsung membantu memenuhi kebutuhan pokok kita. mengapa begitu? sebab jika tidak ada yang menanam pagi apakah kita bisa makan nasi? jika petani tidak ada apakah kita bisa menanam sendiri sedang lahan tidak pui indonesia memiliki iklim tropis sehingga cocok untuk menanam padi, singkong, pisang, dan ubi jalar yang kesemua itu merupakan komoditas andalan kita. berikut kita bahas masalah budidaya tanaman dan langkah-langkahnya.

Ada dua jenis tanaman lada yakni jenis sulur atau panjat dan yang kedua adalah jenis perdu. Lada perdu adalah hasil pengembangan dari lada jenis rambat dimana memang asal mulanya jenis perdu ini diambil dari pohon tanaman sulur lada rambat yang menjadi induknya. Namun untuk bisa kita mendapatkan jenis lada perdu ini ada tips-tips yang harus diperhatikan diantaranya : – umur bahan stek minimal 6 bulan – stek cabang produktif diambil dari pohon induk sulur panjat yang berumur minimal 2 tahun – stek yang diambil panjang 7 ruas dari pucuk – sehat tidak terserang hama dan penyakit Ada beberapa varietas tanaman lada yang diunggulkan diantaranya adalah lada jenis perdu varietas Bulok Belantung dimana deskiripsi kultivar jenis bulok belantung ini adalah : – pucuk bentuk sedang warna ungu muda – daun bentuk besar di tengah dan lancip,warna hijau merata – batang pipih,warna hijau muda,akar bnyak,akar pelekat sedang – buah bentuk seperti telur terbalik,warna hijau,stadium pembuahan 2-3 stadium,kulit buah tipis sekali,ukuran biji sedang – tandan,keadaan lebih melengkung,panjang 5-9,5 cm – potensi produksi 2-3 kg/ph/th lada kering.

Untuk pengerjaan Cara Mudah Membuat Bibit Lada Perdu adalah setelah kita mendapatkan syarat stek yang telah diuraikan diatas kemudian daunnya dibuang sebagian untuk mengurangi penguapan lalu semprotkan pestisida yaitu campuran antara fungisida dan insektisida (merknya bebas silahkan gunakan merk yang tersedia ditempat anda) sebagai perlindungan bakal calon bibit.Lalu kemudian celupkan pangkal stek kedalam larutan zat perangsang akar setelah itu tancapkan stek sepanjang 1-2 cm kedalam media yang sudah kita sipakan. Untuk media tanam bisa kita gunakan tanah,pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 :1 : 1 yang dimasukan kedalam polybag ukuran 12×17 cm atau bisa juga dilahan persemaian yang disungkup dengan plastik bening atau rumbia untuk menjaga suhu sekitar persemaian.
Begitulah artikel yang dapat kami sampaikan dan jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar dan jangan lupa menggunakan bahasa yang baik. terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *