Tahapan Mengolah Merica “@merica-jakarta”

By | 30 September 2016

2cPaktani.info – Petani merupakan pahlawan yang secara tidak langsung membantu memenuhi kebutuhan pokok kita. mengapa begitu? sebab jika tidak ada yang menanam pagi apakah kita bisa makan nasi? jika petani tidak ada apakah kita bisa menanam sendiri sedang lahan tidak pui indonesia memiliki iklim tropis sehingga cocok untuk menanam padi, singkong, pisang, dan ubi jalar yang kesemua itu merupakan komoditas andalan kita. berikut kita bahas masalah budidaya tanaman dan langkah-langkahnya.
PENGOLAHAN HASIL TANAMAN LADA.
Ada dua cara dalam pengolahan hasil lada yaitu berupa lada putih dan lada hitam.

Cara mendapatkan lada putih buah lada diperlakukan sebagai berikut:
Buah lada yang baru dipanen dimasukkan dalam karung dan kemudian direndam dalam air yang mengalir. setelah direndam kemudian dibersihka, bijinya dipisahkan dari kulit dan ranting, dengan cara dipijak-pijak, kemudian disaring. Setelah dipisahkan kemudian buah lada direndam kembali dalam. air mengalir 1 hingga 2 hari sehingga biji menjadi putih dan bersih. Setelah buah lada bersih kemudian biji lada dijemur hingga kering kira-kira 3 hari.

Cara mendapatkan lada hitam buah lada diperlakukan sebagai berikut:
Buah lada setelah dipanen Iangsung dijemur dipanas matahari selama kira-kira 2 hingga 3 hari.
Sambil menjemur buah lada dipisahkan dari ranting-rantingya. Kemudian diayak hingga bersih.
Begitulah artikel yang dapat kami sampaikan dan jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar dan jangan lupa menggunakan bahasa yang baik. terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *