Pilihlah Bibit Padi Yang baik Agar Hasil Maksimal

By | 1 Oktober 2016

s4Paktani.info – Petani merupakan pahlawan yang secara tidak langsung membantu memenuhi kebutuhan pokok kita. mengapa begitu? sebab jika tidak ada yang menanam pagi apakah kita bisa makan nasi? jika petani tidak ada apakah kita bisa menanam sendiri sedang lahan tidak pui indonesia memiliki iklim tropis sehingga cocok untuk menanam padi, singkong, pisang, dan ubi jalar yang kesemua itu merupakan komoditas andalan kita. berikut kita bahas masalah budidaya tanaman dan langkah-langkahnya.

Setelah hama wereng mereda dia pun mencoba menggarap lahan sawah sewa. Sukadi dengan petunjuk dan arahan kelompok taninya memilih varietas Mekongga. “Bibit sudah saya tanam. Namun, sesama petani bilang itu juga tidak tahan hama,” terangnya.
Hal senada diungkapkan Naryo, petani asal Desa Sawahan, Kecamatan Ngemplak. Ia menganggap baik padi varietas baru ataupun lama sama saja.
“Tidak ada jaminan bakal bebas dari serangan hama,” katanya. Serangan wereng menurutnya semakin membuat petani terpuruk. Meskipun beras mengalami kenaikan harga namun, petani tidak bisa menikmati.
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan (Distanbunhut) Boyolali, Wisnu Hermadi mengaku sudah mendapat masukan terkait serangan hama wereng tersebut. Menurutnya, sulitnya memberantas hama wereng karena petani enggan menerapkan sistem tanam yang serempak.
“Petani tidak mau berhenti menanam padi. Selain itu, pola tanam mereka sulit diatur,” terangnya. Pihaknya telah menyarankan agar musim kemarau ini para petani beralih ke palawija. Langkah ini untuk memutus siklus hama wereng. Selain itu, menghemat air saat musim kemarau.
Menurutnya, serangan hama wereng ini tidak berdampak terhadap stok pangan. Ia memastikan stok beras menjelang Ramadan aman. Sebab, produksi gabah masih surplus. Hingga Juli produksi gabah surplus sebanyak 50.000 ton.

Begitulah artikel yang dapat kami sampaikan dan jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar dan jangan lupa menggunakan bahasa yang baik. terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *