Mengenal Cara tanam singkong Gajah

By | 18 November 2016

s1Paktani.info – Petani merupakan pahlawan yang secara tidak langsung membantu memenuhi kebutuhan pokok kita. mengapa begitu? sebab jika tidak ada yang menanam pagi apakah kita bisa makan nasi? jika petani tidak ada apakah kita bisa menanam sendiri sedang lahan tidak pui indonesia memiliki iklim tropis sehingga cocok untuk menanam padi, singkong, pisang, dan ubi jalar yang kesemua itu merupakan komoditas andalan kita. berikut kita bahas masalah budidaya tanaman dan langkah-langkahnya.

Singkong gajah adalah singkong farietas unggul temuan Prof. Dr. Ristono MS. Dari Kalimantan Timur yang dapat berproduksi hingga 40 kg per pohonya. Singkong gajah dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi , namun tidak dapat tumbuh baik di daerah rawa atau yang terus menerus sering tergenang air. Singkong gajah akan tumbuh baik apabila di sekitar tanaman terbebas dari gulma pengganggu / rumput liar dan tidak tenaungi tanaman lain.

Dengan pertumbuhan yang normal , pohon singkong gajah dapat mencapai tinggi 4 s/d 5 meter. Karena pohonya tinggi dan besar sebelumnya banyak orang mengira kalau singkong gajah ini adalah jenis singkong sambung / singkong karet. Saya tegaskan sekali lagi kalua singkong gajah bukanlah jenis singkong sambung / singkong karet. Jadi batangnya bisa di tanam kembali setelah panen.

Singkong gajah termasuk jenis singkong dengan kadar kandungan pati yang cukup tinggi , sehingga cocok untuk bahan baku tepung tapioka. Singkong gajah juga enak untuk di konsumsi, tidak pahit dan tidak beracun. Beberapa orang yang sudah pernah mengkonsumsinya menyatakan kalau rasa singkong gajah lebih enak dari singkong jenis lain / singkong lokal.

Tim MOCAF telah mengembangkan singkong gajah ini di lahan gambut Kalimantan Tengah dengan hasil mencapai 80-100 ton/ha. Dan saat ini sedang dikembangkan klaster olahan chips MOCAF di Palangkaraya untuk mensuplai kebutuhan bahan baku pabrik MOCAF di Palur Solo (PT. BCM).

Budidaya Singkong Sebenarya Sangat Mudah Dan Saya Yakin Seluruh Petani Sudah Tahu Cara Menanamnya ! Namun Bagi Sebagian Yang Belum Tahu , Berikut Adalah Cara Tanam & RAB Budidaya Singkong Gajah :

A. Pengolahan Lahan :

1. Apabila Di Lahan Yang Mau Kita Tanami Banyak Di Tumbuhi Rumput – Rumputan , Bisa Kita Semprot Dulu Dengan Herbisida Roundup 100 cc / Tangki 14 Liter Untuk Membasmi Rumput Sampai Ke Akar Akarnya.
Biaya Per Ha :
2 Botol Roundup x Rp.65.000 = Rp.130.000,-
3 Orang Tenaga Kerja x Rp.60.000 = Rp.180.000,-

2.Tunggu Sampai 5 Hari Biar Rumputnya Mati Terlebih Dahulu.
Selanjutnya pengolahan lahan dapat di lanjutkan dengan membuat guludan / bedengan memanjang dengan cara di cangkul atau menggunakan traktor besar , Jarak antar bedengan bisa 2 meter. [ Baiknya di dalam bedengan di isi pupuk kompos / pupuk kandang bila pembuatan bedengan menggunakan cangkul atau pupuk di tebarkan di atasnya bila menggunakan traktor.
Biaya Per Ha :
Biaya Cangkul Rp.4.000.000 / Ha
Pengadaan Pupuk Kandang Kotoran Ayam 300 Karung x Rp.8.000 = Rp.2400.000,-
Pengolahan Lahan menggunakan traktor lebih murah kurang lebih Rp.2000.000 / Ha

Begitulah artikel yang dapat kami sampaikan dan jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar dan jangan lupa menggunakan bahasa yang baik. terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *