Budidaya Tanaman Pisang Hasil Melimpah

By | 6 Oktober 2017

Pisang yang dimakan segar sebagian besar berasal dari kelas Emusa, yaitu Musa acuminata dan Musa balbisiana. Tanaman pisang berasal dari Asia Tenggara dengan keragaman wilayah Indo-Malaya.
Tanaman pisang termasuk dalam kelompok pohon terna monochotile tahunan yang terdiri dari batang semu. Batang pseudo ini setumpuk daun daun yang teratur teratur. Pembagian tanaman simpodial dengan ujung meristem memanjang dan membentuk bunga dan buah. Bagian bawah tonjolan batang pisang berbentuk umbi yang disebut bonggol. Tunas lateral (pengisap) timbul dari tunas pada tongkol yang selanjutnya tumbuh menjadi tanaman pisang. Pisang umumnya tidak diunggulkan / partenokarpi.
Ketentuan Pertumbuhan:
Tanaman pisang bisa ditanam dan tumbuh dengan baik pada berbagai topografi tanah, baik tanah datar maupun landai. Produktivitas pisang optimal akan dihasilkan pisang yang ditanam pada tanah datar pada ketinggian di bawah 500 m dpl dan keasaman tanah pada pH 4.5-7.5. Suhu harian berkisar antara 25 o – 27 o C dengan curah hujan 2000-3000 mm / tahun.
Jenis Pisang yang Dikonsumsi:
Pisang Ambon Kuning
Ambon Pisang Kuning ini cocok untuk hidangan buah segar, memiliki ukuran buah lebih besar dari pisang ambon lainnya dengan kulit buah yang tidak terlalu kental dengan warna kuning muda. Daging buah matang putih kemerahan. Rasa daging buah pulen, harum, harum dan harum. Dalam satu kelompok ada 6-9 sisir (satu sisir mengandung 15-20 potong) dengan berat per tandan 18-20 kg.
Pisang Pisang Ambon
Pisang Ambon Moss cocok untuk hidangan buah segar. Kulit buah berwarna hijau meski sudah matang dan lebih tebal dari pada kulit pisang kuning kuning. Daging buahnya hampir sama dengan ambon pisang kuning yang sedikit lebih putih. Dagingnya agak keras, aromanya lebih wangi dan rasanya lebih manis. Dalam satu kelompok ada sisir 7-12 dengan berat 15 – 18 kg ..
Pisang Ambon Putih
Pisang putih Ambon sangat cocok untuk hidangan buah segar. Ukuran buahnya lebih besar dari pada pisang ambon lumut. Kulit buah yang masak adalah keputihan-kuning. Daging buah kuning kekuningan dengan sedikit rasa asam, dan aroma aromatik. Dalam satu cluster terdapat 10-14 sisir seberat 15-25 kg.
Pisang Barangan
Banana Barangan sangat cocok untuk hidangan buah segar. Pisang Barangan terdiri dari 2 jenis, yaitu pisang yang berwarna kemerahan dan kuning. Pisang Barangan berwarna kemerahan memiliki daging buah lebih besar dan rasa lebih enak serta aroma yang lebih wangi dibanding yang berwarna kuning. Dalam satu kelompok ada 5-12 sisir degang berat 9-20 kg.
Banana King Banana King sangat cocok untuk hidangan buah segar dan olahan. Kulit buah tebal dan kuning berwarna hitam berbintik-bintik pada buah matang. Ukuran buahnya cukup besar dengan diameter panjang 3,2 cm dan panjang 12-18 cm. Daging buah matang berwarna kuning kemerahan saat dimakan terasa legit dan manis dengan aroma harum. Dalam satu kelompok ada 6-9 sisir (masing-masing sisir mengandung 14-16 buah) dengan berat per tandan 12-16 kg. Bunga muncul 14 bulan sejak bibit dan buahnya akan masak 5.5 bulan kemudian.
Pisang Kepok
Pisang kepok cocok untuk makanan olahan. Jenis pisang kepok yang lebih dikenal adalah pisang putih kepok dan pisang kepok berwarna kuning dengan warna daging buah seperti namanya. Daging bertekstur agak keras dengan aroma yag yang kurang harum. Kulit buah hiaju sangat tebal dan berwarna kekuningan pada buah masak. Pisang pisang kuning rasanya lebih enak dibanding pisang kepok putih. Dalam satu kelompok bisa mencapai 10-16 sisir (satu sisir berisi 20 pisang) dengan berat per tandan 14-22 kg.
Tanduk pisang
Tanduk Pisang cocok untuk makanan olahan. Buahnya besar dengan panjang lebih dari 20 cm. Buah tebal dan kemerahan berkulit kuning. Daging buah matang putih kemerahan. Dalam satu cluster hanya ada sekitar 1-3 sisir (satu sisir terdiri dari 10-15 buah) dengan berat per tandan 7-10 kg.