Benih Satu Tanaman Daun Tunggal

By | 6 Oktober 2017

Sebenarnya, masalah pemijahan lada berongga tunggal yang saya lampirkan pada artikel saya yang berjudul budidaya lada, tapi saya rasa ini perlu dikaji ulang dalam artikel terpisah. Sebelum membahas maka perlu disadari bahwa di pembibitan, panjang stek tergantung pada individu dan ketersediaan bahan stek. Awalnya saya berkultivasi dengan stek lebih dari satu segmen, hasilnya tidak memuaskan dalam hal pertumbuhan dan keadaan, maka saya melihat biji poni saya lada hanya menggunakan satu segmen, pada awalnya saya pikir itu tidak akan berhasil tapi nyatanya kenyataannya berbeda. , menghasilkan pertumbuhan yang lebih baik, mungkin juga terkait dengan penanaman media. Untuk media tanam, saya akan posting selanjutnya.

Oke sobat, kita lanjutkan pembahasan tentang budidaya lada satu segmen.

Sobat, ternyata dalam pemilihan stek untuk budidaya lada juga ada yang harus diperhatikan loh, ini dia:
1. Pilih stek dari tanaman lada berumur 2 tahun atau lebih sehingga kita tidak perlu menunggu terlalu lama agar biji lada berbuah. Kita bisa menggunakan stek dari tanaman berumur 1 tahun jika tidak ada pilihan lain.
2. Pilih stek dari tanaman sehat dan tidak terkena penyakit sehingga bibit yang dihasilkan juga bebas dari infeksi penyakit.
3. Pilih stek dari memanjat sulur yang menempel pada tiang panjat / tajar dan punya cabang buah dan bukan dari tanaman merambat cacing yang menyebar di tanah. Ini agar bibit yang akan diproduksi akan segera mengeluarkan akar dan memiliki sifat pendakian, jika menggunakan ramuan cacing biasanya akar lada naik sedikit lebih lama untuk keluar.
4. Yang perlu diperhatikan dalam pembibitan tanaman pembibitan single leaf adalah waktu pengambilan stek, dianjurkan ke teman saya untuk mengambil stek pada pukul 06.30 atau 16.30 jam agar steknya tidak layu. Jika stek berasal dari daerah yang cukup jauh dari daerah kita, cobalah rendam sulur di air untuk menjaga kesegaran.
5. Setelah stek sudah diambil, coba lakukan prosesnya segera.
Potong sulur menjadi satu segmen dan coba setiap stek memiliki satu daun agar biji tumbuh lebih cepat karena tanaman lada juga membutuhkan asupan makanan untuk pertumbuhan.
6. Setelah dipotong, segera masukkan air yang telah dicampur dengan gula, tapi bisa juga ditambah dengan bawang merah yang sudah diratakan. Rendam selama 1 jam.
7. Setelah itu, tanam stek ke dalam polybag atau media tanam yang telah disediakan, catat “daun masing-masing stek harus mengarah ke arah yang sama agar tidak mengganggu pertumbuhan potongan kupas satu dengan yang lainnya”.
8. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, menetas bibit lada di pembibitan seperti jenazah mayat dengan menggunakan bambu. Lalu tudung dengan plastik transparan agar sinar matahari tetap bisa menuju proses fotosintesis biji. Cara ini lebih menguntungkan daripada tanpa dihadapkan karena persentase keberhasilan perkembangbiakan jauh lebih besar, kita tidak perlu menyiraminya selama proses penyungkupan dan suhu udara di dalamnya tetap stabil. Saya sarankan untuk melakukan pembibitan di bawah pohon yang tidak terlalu padat, jadi kita tidak perlu membuat keteduhan.
9. Potongan daun lada daun satu daun akan mulai ditembak sekitar 3 minggu atau 21 hari. Jika pupuk sudah muncul di beberapa biji, kita masih akan menyungkupnya sampai usia bibit bibit sekitar 1 bulan. Kemudian kita buka plastik di bagian depan atau belakang, ingat “buka tutupnya perlahan dan jangan sekali-kali menyesuaikan suhu di luar dan di dalam kap mesin sehingga pembibitan tidak gagal. Karena saya punya pengalaman membuka tutup sekaligus dan ternyata habis semua bibitnya mati meski sudah dikeluarkan tunas.
Selain itu, saya juga mendapat pengalaman tak terduga saat melakukan pembibitan berikutnya, secara tidak sengaja robekan air mata robek akibat ayam. Kira-kira umur stek yang sudah 3 minggu lebih karena sudah mengeluarkan tunas. Saya kemudian mengambil inisiatif untuk menutup lubang dengan karung beras, hasilnya masih bagus, jadi kita hanya perlu membuka karung beras untuk menyesuaikan suhu di luar dan di dalam kap mesin. Ini lebih praktis.
10. Pengobatan setelah kerudung terbuka secara keseluruhan, kira-kira umur bibit sudah 2 bulan sejak membuka kap mesin yang menanam batang bambu untuk memanjat biji lada karena jika tidak diberi pendakian maka sifat tanaman lada dari waktu ke waktu akan berubah menjadi pohon anggur cacing Umur 3 bulan, bibitnya siap ditanam di darat.